Profil Kabupaten Kendal

Logo

Kabupaten Kendal, Dengan Luas wilayah 1.002,23 Km2 terbagi menjadi 19 kecamatan, Kabupaten Kendal memiliki topografi dataran tinggi, dataran rendah berikut pantainya yang memiliki garis pantai pada pantai utara jawa sepanjang _+ 41 kl membujur arah timur ke barat. Wilayahnya yag berdekatan dengan Laut Jawa, sebelah timur berbatasan dengan Kota Semarang, sebelah selatan Kabupaten Temanggung dan sebelah barat bertetangga dengan Kabupaten Batang. Kabupaten Kendal terkenal dengan sebutan Kota Santri , dimana banyak terdapat Pondok Pesantren dan Tempat Pendidikan Ilmu Agama Islam khusus di Kecamatan Kaliwungu menjadikan salah satu daerah tujuan wisata khususnya wisata rokhani di Jawa Tengah. Selain itu obyek wisata andalan Curugsewu, Pantai Sendang Sikucing, Goa Kiskendo, Air Panas Gonoharjo, dan banyak obyek wisata rintisan yang mulai dikembangkan.
Sedangkan wilayah Kabupaten Kendal bagian Selatan yang merupakan daerah perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian antara 10 2.579 meter di atas permukaan laut, meliputi Kecamatan Plantungan, Sukorejo, Patean, Pageruyung, Limbangan, Singorojo dan Boja. Adapun keseluruhan desa dan kelurahan yang berada di Kabupaten Kendal sebanyak 285 desa/kelurahan.
Disamping potensi lautnya yang merambah eksport ke mancanegara, banyak komoditas unggulan lainnya disektor pertanian, seperti padi, palawija, buah durian, pisang. Bidang peternakan banyak dijumpai peternakan ayam ras petelur, sapi kereman. Bidang perikanan yang menjadi primadona adalah udang dan teri nasi selain rajungan, ikan panggang, maupun ikan olahan lainnya.
Sektor industri dan perdagangan menjadikan prospek kedepan mengingat Kendal berdekatan dengan Semarang. Kawasan Industri berat seperti Texmaco, Kayu Lapis Indonesia, Rimba Partikel, Indogas, Tensindo, Tossa Sakti Indonesia, terdapat di Kaliwungu. Sementara industri dan UKM banyak terdapat diseluruh wilayah Kabupaten Kendal sesuai dengan karakteristik masing-masing wilayah distrik setempat.
Unggulan perkebunan Kabupaten Kendal adalah Kelapa dalam, kopi, kapok, cengkeh, tembakau, dan teh. Tembakau mempunyai luas areal tebesar yaitu seluas 6.843.255 ha dengan produksi sebesar 5.605.310 ton. Sedangkan komoditas perkebunan lain seperti: aren, jahe, jambu mete, kakao, kapas, karet, lada,panili, tebu dan sebagainya.

 

%d blogger menyukai ini: