Membina Hubungan Dengan Orang Lain Untuk Kesuksesan

Dua hal yang diinginkan orang dalam hidup ini adalah : SUKSES dan BAHAGIA. Gambaran kesuksesan pada setiap orang adalah berbeda. Namun ada satu faktor besar yang harus dipelajari kalau ingin sukses dan bahagia. Faktor umum dari semua kesuksesan dan kebahagiaan adalah orang lain.

Banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa mengetahui cara membina hubungan dengan orang lain, berarti sudah menempuh 85 % dari perjalanan menuju kesuksesan dalam bisnis, pekerjaan atau profesi apapun, dan sekitar 95 % dari perjalanan menuju kebahagiaan pribadi.

Orang yang sukses dan menikmati hidup, adalah orang yang “pandai bergaul” dengan orang lain. Jutaan orang yang sombong karena merasa serba unggul atau sebaliknya minder karena merasa kekurangan, sehingga canggung dalam pergaulan tidak menyadari bahwa persoalan mereka yang sebenarnya adalah persoalan hubungan antar sesama manusia. Kegagalan mereka sebagai pribadi adalah kegagalan dalam belajar membina hubungan baik dengan orang lain.

Seperti dikatakan oleh Les Giblin dalam bukunya The Art of Dealing with People, “Mereka tidak pernah benar-benar memperoleh apa yang mereka inginkan, karena mereka belum pernah menguasai seni membina hubungan dengan orang.

Dalam dunia modern, kesuksesan dan kebahagiaan tidak bisa dicapai tanpa memperhitungkan orang lain. Dokter, pengacara, marketing, yang menikmati kesuksesan terbesar dalam hidupnya bukanlah orang yang paling pandai atau paling ahli dalam bidang seluk beluk pekerjaannya. Pasangan suami istri yang bahagia  bukanlah mereka yang paling menarik, paling tampan atau paling cantik.  Bacalah kisah-kisah sukses dalam berbagai bidang, maka akan ditemukan seseorang telah menguasai keahlian membina hubungan dengan orang, dengan kata lain….orang yang pandai bergaul dengan orang lain.

Orang tidak bisa hanya mengetahui apa yang harus dilakukan, tetapi mengapa orang melakukannya…Mempengaruhi orang merupakan seni, bukan menipu. Tatkala orang memakai tipu muslihat secara dangkal dan otomatis, kelihatannya dia melakukan hal-hal yang sama dengan orang yang pandai bergaul, tetapi tidak membuahkan hasil apapun.

Sudah bukan zamannya lagi, kalau pernah ada, bahwa seseorang dapat mencapai tujuannya dengan memaksa orang lain untuk memberikan apa yang diinginkan. Mengemis juga tidak lebih baik, karena orang tidak akan menaruh respek pada , atau berkeinginan membantu, orang yang terus menerus menyembah dan secara harfiah berkeliling dengan tangan terulur, memohon agar orang lain menyukainya.

Cara sukses untuk memperoleh hal-hal yang diinginkan dari hidup ini adalah memiliki keahlian dalam hal membina hubungan dengan orang lain.

Empat fakta kehidupan yang harus dicamkan menurut Les Giblin :

  • Semua orang EGOIS ( mementingkan diri sendiri)
  • Semua orang lebih tertarik pada diri sendiri dari pada apapun lainnya
  • Setiap orang ingin merasa dirinya penting dan mempunyai nilai
  • Setiap orang sangat mengharapkan persetujuan dari orang lain, sehingga dia bisa menyetujui diri sendiri.

Hanya mereka yang sudah belajar menyukai diri sendiri yang bisa bermurah hati dan bersahabat dengan orang lain. Keahlian berurusan dengan orang merupakan bahan yang penting untuk memperoleh kesuksesan dan kebahagiaan di rumah dan di dalam bisnis.

%d blogger menyukai ini: